MIXER

TEORI DASAR

Mixer digunakan untuk mengaduk atau mencampur bahan dalam menyiapkan suatu makanan. Pengocok digerakkan oleh sebuah motor universal, dan biasanya banyak variasi kecepatan mixer yang disediakan, mengaduk, memukul, atau mengocok seperti yang dibutuhkan. Ada tiga jenis mixer dalam kegunaan umumnya: dipegang tangan, tegak-lurus, dan dapat diatur2 (convertible). Mixer tegak lurus adalah yang terbesar; jenis ini terdiri dari mixer yang dipasang dengan alas/landasan, yang juga menyangga papan putar (piringan putar) mangkuk pencampur. Mixer pegang tangan dan convertible keduanya lebih kecil dan lebih ringan; ada perbedaan kecil antara keduanya, diharapkan yang jenis convertible dapat diset pada landasan atau hand-held. Ketiga jenis mixer bekerja dengan prinsip yang sama.

Perhatian: Sebelum bekerja pada mixer, yakinkan bahwa steker terputus.

 

Pembersihan dan Pelumasan

Banyak mixer yang mempunyai bagian tampungan minyak pada rakitan motor bagian atas. Lumasilah setiap bagian dengan meminyaki pada tahanan panas setiap 2-3 bulan, atau lebih sering jika mixer lebih sering dipakai. Bersihkan sisa2 makanan pada motor dengan kain halus; jangan menggunakan kertas amplas. Sekali setahun, bersihkan bantalan dan lumasilah dengan minyak yang agak encer atau minyak mesin jahit. Setiap 12-18 bulan, keluarkan plat penguat dan bersihkan roda gigi, seperti diuraikan di bawah; kemudian lumasilah dengan lumas roda gigi silikon.

Papan Putar

Pada beberapa mixer yang beralas (berkaki), ada tuas kecil di bawah papan putar; tuas ini mengatur kecepatan pada gerakan papan putar. Jika tuas keluar jalur (tidak pada tempatnya), papan putar  mungkin masuk dan tidak bisa berputar. Putar tuas secara ringan (perlahan) dan atur kembali papan putar; jika ini belum berhasil, bawalah mixer ke servis profesional.

Pengocok

Jika papan putar bekerja tetapi mangkuk tidak berputar, pengocok dapat diset pada putaran rendah, turunkan mangkuk secara perlahan dan hentikan. Atur pengocok, iringkan rumah bagian atas dari landasan; carilah sekrup pengatur pengocok pada bagian atas landasan. Putar sekrup searah jarum jam untuk mengangkat pengocok, berlawanan arah jarum jam untuk lebih menurunkannya.

Jika pengocok bengkok atau rusak, itu tidak dapat diperbaiki. Gantilah dengan pengocok yang baru yang sejenis.

Roda Gigi

Roda gigi ditempatkan segaris di atas pengocok, dan dipegang di suatu tempat oleh plat penahan. Lepaskan sekrup plat untuk mendapatkan roda gigi (gear), dan telitilah gear dari keausan atau kerontokan gigi. Gigi2 yang rontok dapat menimbulkan gangguan saat mixer beroperasi, atau dapat menyebabkan salah satu pengocok berhenti berputar. Jika gigi2 gear rontok, gantilah kedua gear, setiap ada kerusakan walaupun hanya satu, belilah gear pengganti yang sejenis.

Untuk mengeluarkan gear lama, tariklah ke atas dan keluar mixer. Jika gear tidak dapat ditarik ke luar, itu mungkin dipegang oleh penjepit dimana pengocok diikatkan ke  mixer; Anda akan membutuhkan tang penjepit untuk memunculkan penjepit dan mengeluarkan gear. Lumasilah gear baru secara ringan dengan pelumas gear silikon sebelum dipasangkan. Banyak gear ditandai dengan titik atau tanda panah untuk penempatan fasilitas yang benar; catat posisi tanda pada gear yang lama dan pasangkan gear yang baru pada tempat yang sama. Ketika gear sudah ditempatkan, putar poros motor dengan tangan. Gear harus bertauta. Jika tidak, atur kembali posisinya dan putar poros motor lagi. Ulangi prosedur ini hingga gear betul2 bertautan secara halus.


Alat Pelengkap Mixer

Pelengkap mixer seperti halnya penggiling kopi, pembuat juice, dan penghancur es tidak bekerja dengan gear yang sama pada gear pengocok. Jika gangguan terjadi dengan beberapa alat pelengkap ini, ceklah gear  ini masihkah bisa dipakai atau rusak. Gear2 ditempatkan di dalam alat pelengkap itu sendiri; buka plat penutup untuk mendapatkannya. Jika gear sudah aus atau hancur, gantilah dengan gear yang baru yang sejenis. Angkat gear yang lama ke luar, dan ambil gear yang baru, masukkan ke tempatnya. Jagalah alat pelengkap bekerja dengan baik, bersihkan gear dan minyakilah dengan pelumas gear silikon pada setiap tahunnya.

Sakelar

Sakelar ditempatkan di dalam rumah mixer, dan biasanya diletakkan pada kait yang menempel ke penggerak atau plat penahan gear. Jika motor tidak berjalan dan problem bukan pada kabel power, sakelar dimungkinkan rusak; jika motor berputar terus, sakelar pasti rusak. Ketiadaan power pada hanya satu kecepatan bisa juga disebabkan oleh kerusakan, pemutusan hubungan, atau terlepasnya kabel pada terminal sakelar. Cek untuk meyakinkan bahwa sambungan sakelar bersih dan kencang. Jika kontak kotor atau terkorosi, bersihkan dengan kertas amplas yang baik, dan kemudian dengan kain halus; jika itu sudah beres, kembalikan  ke tempatnya. Kencangkan terminal-terminal sekrup yang kendor.

Ketidakberfungsian sakelar dapat disebabkan oleh kotoran di dalam sakelar. Bersihkan sakelar, putuskan hubungan kawat kepadanya dan angkat sakear keluar. Semprot terminal-terminal dan sakelarnya dengan pembersih kontak listrik. Kembalikan sakelar dan kemudian setelah cleaner masuk ke bagian-bagian yang bergerak; kemudian sapulah hingga bersih dengan kain yang halus, dan pasang kembali sakelar.

Jika kontak sakelar dan terminal sangat terkorosi, jika pembersihan kontak dan sakelar dan pengencangan terminal belum memperbaiki daya ke mixer, atau jika tidak jelas masalahnya dengan kontak sakelar dan terminalnya, gantilah sakelar dengan yang baru yang sejenis.

Untuk mengganti sakelar, keluarkan sekrup yang memegang sakelar pada rumahnya dan putuskan ujung kawat. Jika ujung-ujung mempunyai plug-connector, gunakan tang hidung panjang untuk memegang plug — jangan menariknya dengan tangan Anda; Anda dapat merusak kabel. Sambungkan sakelar baru dengan cara yang sama seperti pada sambungan sakelar lama. Jika sakelar dikeling ke rumah, jangan mencoba untuk menggantinya sendiri; bawalah mixer ke servis profesional.

Penggantian sakelar dapat memecahkan banyak persoalan. Jika motor sampai berputar pada hanya satu kecepatan setelah sakelar diganti, pengatur kecepatan mungkin yang rusak. Dalam hal ini, bawalah mixer ke servis profesional.


Kipas

Kipas ditempatkan di belakang motor. Jika mixer sangat terganggu atau bergetar dengan hebat, sudu2 kipas dimungkinkan bengkok. Jika sudu-sudu bengkok sedikit, betulkan kembali pada posisinya dengan tang. Jika pembengkokan tidak mungkin, atau jika sudu2 bengkok berat, gantilah kipas dengan yang baru yang sejenis. Kipas dipegang pada tempatnya oleh kait penyangga di atas porosnya; keluarkan sekrup pemegangnya untuk mengangkat kipas. Sambungkan kipas baru dengan cara yang sama seperti pada sambungan kipas yang lama, kemudian gantilah kait sekrupnya.

Motor

Jika sakelar telah diperbaiki dan motor sampai tidak berputar, atau jika berputar secara tidak menentu, membuat gangguan, berbau, atau timbul percikan api, sikat arang motor kemungkinan aus. Gantilah dengan sikat arang yang baru yang sejenis, seperti diuraikan di bagian perbaikan motor. Jika motor sampai tidak berputar, atau jika ada beberapa permasalahan motor  yang serius — seperti halnya gangguan pengatur kecepatan, lepasnya lilitan armatur, atau hubung singkat — bawa mixer ke servis profesional.

TROUBLE SHOOTING MIXER

PERMASALAHAN

KEMUNGKINAN

 PENYEBAB

PEMECAHAN

Mixer tidak berputar 1. Tidak ada daya2. Sakelar rusak3. Sikat arang aus4. Pengatur kecepatanrusak

5. Motor rusak

1. Cek kabel power, steker, dan KK. Cek peng-aman lebur atau CB pada panel utama; perbaikirangkaian.2. Cek sakelar; jika rusak, gantilah3. Cek sikat; jika aus, gantilah

4. Bawalah ke servis profesional

5. Bawalah ke servis profesional

Mixer bertegangan 1. Kabel power rusak2. Sistem kelistrikan  hu-bung singkat 1. Tes kabel ; jika rusak gantilah2. Bawalah ke servis profesional
Mixer timbul bunga api 1. Sikat arang aus2. Motor rusak 1. Cek sikat; jika aus, gantilah2. Bawalah ke servis profesional.
Motor terpaku padakecepatan tunggal 1. Sakelar atau kontaksakelar kotor2. Sakelar rusak3. Pengatur kecepatanrusak 1. Bersihkan sakelar atau kontak sakelar2. Ganti sakelar3. Bawalah ke servis profesional.
Panas motor berlebih 1. Motor kotor2. Motor rusak 1. Bersihkan dan lumasilah motor2. Bawalah ke servis profesional.
Pengocok tidakberputar 1. Pengocok tidak terkuncidalam unit2. Bilah pengocok bengkok3. Gear kotor; gear perlupelumasan

4. Gear aus atau rusak

5. Bantalan perlu

pelumasan

1. Tekan pengocok dengan tepat ke dalam poroshingga masuk sepenuhnya2. Gantilah pengocok3. Bersihkan dan lumasilah gear.4. Ganti gear

5. Lumasilah bantalan

Mangkuk tidak berputar 1. Pengocok perlupenyetelan2. Makanan di dalammangkuk terlalu tebal(pekat)

3. Tuas pengontrol keluar

baris

4. Rakitan piring putar

rusak

1. Atur pengocok sehingga tidak mengganggu mangkuk2. Tambahkan cairan lebih banyak ke dalam mangkuk3. Atur kembali tuas kontrol; atau bawa ke servis profesional4. Bawa ke servis profesional
Getaran berlebihan 1. Pengocok perlupengaturan2. Plat penyangga pengo-cok lepas (kendor)3. Gear aus atau rusak

4. Sudu2 kipas bengkok

1. Atur pengocok sehingga tidak menekanmangkuk2. Kencangkan plat penyangga3. Ganti gear4. Luruskan sudu2 kipas, atau ganti kipas

Soal:

Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini dengan jelas!

  1. Sebutkan bagian-bagian utama dari pesawat mixer. (minimal 5)
  2. Bagaimana urut-urutan proses terjadinya putaran pada pengocok? Jelaskan.
  3. Motor penggerak mixer biasanya dari jenis motor apa?
  4. Kerusakan apa yang biasa terjadi pada komponen motor mixer, bagaimana cara mengatasinya?
  5. Jika mixer mempunyai masalah “pengocok tidak berputar”, apa kemungkinan penyebabnya, dan bagaimana mengatasinya?
  6. Bagaimana pula jika masalahnya “getaran berlebihan”, apa kemungkinan penyebabnya, dan bagaimana mengatasinya?
About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di LISTRIK, MEMPERBAIKI PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s