KIPAS ANGIN

 

TEORI DASAR

Bagian-Bagian utama kipas angin yaitu :

1)      Motor penggerak

2)      Bagian kipas

3)      Rumah kipas

4)      Rumah motor

5)      Stand atau dudukan kipas lengkap dengan pengatur kecepatan

 

a.     Motor penggerak

Jenis motor  listrik yang dipakai umumnya motor induksi fasa belah yaitu motor kapasitor

Motor ini mempunyai kumparan utama dan kumparan bantu yang diseri dengan kapasitor. Rotornya jenis rotor sangkar

Untuk kipas angin yang kecil, dipakai motor penggerak jenis kutub bayangan (shaded pole). Untuk jelasnya lihat kembali materi motor listrik satu fasa.

b.    Bagian Kipas

Kipas yang berbentuk baling-baling adalah bagian yang berputar dan satu poros dengan rotor motor

Bagian kipas dilindungi oleh rumah kipas berbentuk kisi-kisi atau tralis.

c.    Rumah motor

Rumah motor adalah tempat dudukan untuk meletakkan motor dan komponen-komponen lainnya dan dibuat dari bahan ebonit

 

 

d.    Stand atau dudukan kipas

Alat ini untuk menempatkan kipas dan rotor penggeraknya, dilengkapi dengan alat/tombol pengatur kecepatan serta tombol on/off motor.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar bagian-bagian konstruksi kipas angin di bawah.

 

 

Perawatan dan Pemeriksaan Kipas Angin

 

a.    Kipas dan  rumah kipas

Sering terjadi kipas menimbulkan suara berisik, hal ini terjadi disebabkan oleh :

1)      Baling-baling kipas berputar tidak seimbang, periksa keseimbangan putaran kipas

2)      Baut pengikat kipas terhadap poros kendor, periksa baut pengikat dan kencangkan

3)      Rumah kipas kendor atau bersinggungan dengan balik-baling kipas, periksa dan betulkan posisi yang tepat rumah kipas

 

Peringatan :

Dalam memeriksa atau melakukan, kipas angin dalam keadaan terlepas dari sumber listrik.

Bongkarlah kipas sesuai dengan urutan seperti gambar di atas atau gambar yang ada pada buku manual kipas angin tersebut.

 

b.    Saklar dan Kabel Penghubung

 

Bila kipas angin tidak mau bekerja atau berputar sama sekali, kemungkinan penyebabnya adalah :

1)      Sumber tegangan tidak ada, periksa sumber tegangan dengan volt meter (AVO meter)

2)      Kabel penghubung putus, periksa dengan ohm meter antara ujung-ujung kabel. Bila putus atau rusak perbaiki atau diganti dengan yang baru

3)      Saklar pengatur kontak tidak sempurna, bersihkan kontak-kontak tombol saklar dari kotoran dengan kuas halus atau disemprot dengan cairan pembersih kontak (contact cleaner).

 

 

 

c.    Motor Listrik

Bila saklar  pengatur dan kabel penghubung dalam keadaan baik, motor berputar pelan atau tidak bekerja sama sekali kemungkinan penyebabnya adalah :

1)      Untuk motor kapasitor, kemungkinan kapasitornya bocor atau rusak. Lepaskan kapaistornya, periksa kapasitornya dengan AVO meter posisi ohm (K x 1).  Bila jarum AVO meter menyimpang/menunjuk dan kembali pada posisi semula (posisi nol) kapasitor baik, tetapi bila tidak kembali menandakan kapasitor rusak.

2)      Komponen motor terbakar. Langkah perbaikan digulung ulang, hal ini  dapat dilakukan oleh orang yang ahli dalam pekerjaan ini.

3)      Gangguan mekanik, periksa bagian mekanis seperti transmisi rida gigi (gear) dan bantalan poros motor (bearing) kemungkinan macet, berilah pelumasan.

 

Perhatian :

Dalam membongkar bagian-bagian kipas angin perhatikan urutan membongkarnya untuk memudahkan pemasangannya kembali dan gunakan alat-alat tangan yang sesuai seperti : obeng, tang dan sebagainya.

TROUBLE SHOOTING

DAFTAR MENCARI KESALAHAN PADA ALAT  KIPAS ANGIN

No.

Kemungkinan

Kerusakan

Kemungkinan

Penyebab kerusakan

Berputar tidak selayaknya

Tidak dapat diatur

Mende-ngung

Sulit berputar

   

1

2

3

4

5

1

Tegangan terlalu rendah

X

2

Gulungan bantu bocor

X

X

3

Kondensor bocor/rusak

X

X

4

Shakelar mekanik rusak

X

X

X

X

5

Pengatur kecepatan rusak

X

X

6

Pengatur waktu rusak

X

7

Alat mekanik rusak

X

8

Arus pemakaian terlalu besar

X

9

Bantalan aus

X

10

Alat mekanik macet

X

11

Kabel pengubung jelek

X

12

Terminal-terminal longgar

X

1)                  Tugas Pengetahuan

 

  1. Sebutkan bagian-bagian kipas angin !
  2. Jenis motor apa saja yang umumnya dipakai pada kipas angin ?
  3. Bagaimana cara pengaturan kecepatan putaran pada  kipas angin ?
  4. Sebutkan gangguan yang mungkin terjadi pada  kipas angin dan bagaimana cara merawat / memperbaikinya ?

 

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Sepatah Kata Dari Penulis. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s