CETAKAN WAFEL

Pesawat Listrik Cetakan dan Kuali Wafel

Ada dua pesawat yang sangat mirip di dalam konstruksi dan dalam prosedur perbaikannya. Ada satu diantaranya yang sangat berbeda. Keduanya memiliki elemen pemanas, tetapi elemen di dalam kuali tertutup rapat dalam panci bagian bawah, sementara elemen di dalam cetakan wafel dapat diganti. Elemen pemanas di dalam kuali jarang tidak berfungsi, tetapi ketika itu terjadi, untuk memperbaikinya merupakan sesuatu yang tak mungkin; semua kuali harus diganti.

Perhatian: Sebelum bekerja dengan pesawat cetakan atau kuali wafel, pastikan bahwa steker pesawat tidak terhubung pada jaringan.

 

Elemen Pemanas

Di dalam kuali, elemen pemanas ditutup di dalam panci bagian bawah; jika elemen tidak berfungsi, ganti seluruh kuali. Di dalam cetakan wafel, elemen pemanas atas dan bawah berada di bawah rak atas dan bawah; angkat rak untuk mengeluarkan elemen. Elemen atas dan bawah dihubungkan dengan kawat engsel, yang mungkin rusak atau terlepas dari sambungan. Kencangkan sambungan kawat engsel; jika kawat engsel rusak, gantilah dengan yang baru yang sejenis. Angkat kawat yang lama, dan sambungkan kawat yang baru seperti kawat lama tersambung.

Elemen pemanas di dalam cetakan wafel adalah gulungan pegas kawat tahanan atau elemen tertutup, dipegang di suatu tempat bagian atas dan bawah unit dengan pengikat keramik. Ujilah elemen. Jika elemen rusak atau melengkung, itu harus diganti; perbaikan untuk sementara dimungkinkan, tetapi tidak dianjurkan. Gantilah elemen yang rusak dengan yang baru yang sejenis. Buka sekrup elemen lama dan angkat dari pengikat keramik. Kemudian tempatkan elemen baru pada pengikat dan sambungkan seperti elemen lama tersambung.

Termostat Cetakan Wafel

Di dalam cetakan wafel, termostat terletak tepat di belakang tombol kontrol; untuk mengeluarkan termostat; angkat rak. Jika cetakan wafel tidak panas atau panasnya terlalu lambat, termostat mungkin rusak. Putuskan ujung-ujung kabel termostat dan tes termostat dengan AVO, set pada skala Rx1, meter harus menunjuk nol. Jika termostat rusak, gantilah dengan yang baru yang sejenis.

Tombol kontrol mungkin di gesek-masuk (friction-fit) pada poros atau mungkin dipegang oleh set sekrup; tarik tombol pada poros, pengeluaran set sekrup jika diperlukan. Angkat sekrup yang memegang termostat. Jika termostat dihubungkan ke rumah rangka yang dijepit ke bodi, buka jepit dan termostat dengan obeng atau tang. Jika termostat dikeling atau dilas pada tempatnya, jangan coba-coba untuk menggantinya sendiri.

Setelah pengeluaran termostat lama, pasangkan yang baru. Sambungkan termostat yang baru seperti termostat yang lama tersambung, dan taruh kembali sekrup penegak atau jepit yang memegang di tempatnya.


Termostat Kuali dan Unit Pemegang (Handle)

Di dalam kuali, termostat terletak di dalam unit pemegang; untuk mendapatkan termostat, angkat sekrup yang memegangnya bersama handle di dalam bentuk kulit kerang, dan buka handle. Atau angkat pelat di atas tutup handle untuk mengeluarkan bagian-bagian yang bekerja di dalamnya. Kemudian angkat beberapa lembaran aluminium yang menutupi bagian-bagian , jika Anda merakit kembali Anda harus mengganti lembaran penutup tersebut. Ujilah titik-titik kontak termostat, dekat base pada ujung kontak steker di dalam kuali. Titik -titik ini membuat kontak ketika kuali dihidupkan, dan membuka ketika preset suhu dimunculkan atau kuali mati. Jika kontak-kontak kotor atau terkorosi, gosoklah dengan hati-hati menggunakan kertas gosok yang baik, dan sapulah kontak bersihkan dengan kain lembut.

Unit pemegang pada kuali — ujung (probe) power — steker masuk ke terminal pada base kuali. Ujilah ujung-ujung terminal yang menonjol ke luar dari base kuali. Jika terminal-terminal lepas/hilang, kencangkan sekrup yang melekatkannya ke kuali. Jika terminal kelihatan terbakar atau berbintik, gantilah terminal dengan yang baru yang sejenis. Angkat mur-mur sekrup yang memegang terminal, masukkan terminal baru, dan kencangkan mur-mur sekrup secara aman.

Jika kuali kelebihan panas, problem mungkin pada titik-titik kontak termostat yang lengket (lumer) bersama. Jika kontak-kontak lengket, bukalah secara hati-hati dengan ujung obeng; haluskan mereka secara hati-hati dengan kertas ampelas yang baik dan kemudian sapulah kontak bersihkan dengan kain halus. Jika kontak rusak, atau jika pemisahan kontak menyebabkan kerusakan, gantilah termostat dengan yang baru yang sejenis. termostat mungkin dipegang pada tempatnya dengan sekrup atau jepit pegas; angkat termostat lama dan sambungkan termostat baru seperti termostat lama tersambung. Jika termostat tidak dapat diangkat, gantilah seluruh unit handle dengan yang baru.

Pada beberapa kuali, termostat dapat diatur. Jika kuali tidak menghasilkan panas yang pantas, buka tutup padadial kontrol suhu untuk mengeluarkan sekrup pengaturan pada pusat dial. Putar sekrup secara ringan untuk mengkalibrasi ulang dial kontrol; Anda mungkin harus mencoba, putar sekrup dan lalu teslah suhu yang dihasilkan pada setting itu, sampai termostat dikalibrasi secara benar. Gunakan termometer tubuh atau termometer panggang untuk mengecek suhu di dalam kuali.

Lampu Indikator

Kedua cetakan wafel dan kuali biasanya mempunyai sebuah lampu indikator, yang akan menyala jika unit dihidupkan. Jika lampu indikator tidak menyala, bola lampu mungkin putus. Bongkar cetakan wafel atau kuali seperlunya untuk mendapatkan lampu indikator, dan lepas bola lampu. Gantilah lampu yang terbakar dengan yang baru yang sejenis. Sambungkan bola lampu baru seperti bola lampu yang lama terpasang.

TABEL PENCARI  KESALAHAN CETAKAN DAN KUALI WAFEL

PERMASALAHAN

KEMUNGKINAN

 PENYEBAB

PEMECAHAN

Unit tidak panas 1. Tidak ada daya2. Kabel power rusak3. Elemen pemanas rusak4. Kawat engsel lepas atau

rusak (cetakan wafel)

5. Termostat rusak

 

1. Cek kabel power, steker, dan KK. Cek peng-aman lebur atau CB pada panel utama; perbaikirangkaian.2. Tes kabel; jika rusak, gantilah

3. Gantilah elemen pemanas (cetakan wafel), atau

gantilah unit (kuali)

4. Kencangkan sambungan kawat engsel, atau

gantilah kawat engsel

5. Tes termostat; jika rusak, gantilah

 

Unit bertegangan 1. Kabel power rusak2. Elemen pemanas me-nyentuh bodi (cetakanwafel)

3. Hubungsingkat di dalam

sistem kelistrikan

 

1. Tes kabel; jika rusak, gantilah2. Atur atau gantilah elemen pemanas3. Bawa ke servis profesional 
Panas unit terlalu lambat 1. Sambungan kawat eng-sel lepas (cetakan wafel)2. Paku terminal lepas ataurusak

3. Termostat rusak

4. Elemen pemanas rusak

 

1. Kencangkan sambungan kawat engsel2. Kencangkan atau gantilah paku terminal3. Tes termostat; jika rusak, gantilah4. Gantilah elemen pemanas (cetakan wafel), atau

gantilah unit (kuali)

 

Panas lebih pada unit 1. Sambungan kawat eng-sel lepas (cetakan wafel)2. Paku terminal lepas ataurusak

3. Kontak-kontak Termostat

lengket (kuali)

4. Termostat rusak

 

1. Kencangkan sambungan kawat engsel2. Kencangkan atau gantilah paku terminal3. Pisahkan kontak-kontak termostat, atau gantilahtermostat

4. Tes termostat; jika rusak, gantilah

 

Lampu indikator tidak menyala 1. Sambungan bola lampulepas2. Bola lampu putus  1. Kencangkan sambungan bola lampu2. Gantilah bola lampu

Soal:

Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini dengan jelas !

  1. Di dalam unit cetakan dan kuali wafel mempunyai berapa pesawat? Jelaskan perbedaan yang mencolok dari kedua pesawat.
  2. Sebutkan bagian-bagian utama pesawat cetakan dan kuali wafel. (minimal 6)
  3. Dimanakah letak termostat dalam pesawat kuali?
  4. Kawat (kabel) engsel terdapat dalam pesawat mana?
  5. Beberapa permasalahan sering terjadi pada cetakan dan kuali wafel. Jika permasalahannya adalah: “Panas unit terlalu lambat”, apa kemungkinan penyebab dan bagaimana mengatasinya?
  6. Bagaimana pula jika “Panas unit berlebihan”, apa kemungkinan penyebab dan bagaimana mengatasinya.
Pos ini dipublikasikan di LISTRIK, MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s