PERAWATAN DAN PERBAIKAN PEMANGGANG ROTI

PESAWAT  PEMANGGANG   ROTI

Sebuah pemanggang roti (oven), secara prinsip, adalah sebuah kompor listrik yang kecil. Pemanggang mempunyai sebuah pintu yang membuka untuk mengeluarkan baki logam. Dua atau lebih elemen pemanas, berada di bawah dan di atas baki pemasak, digunakan; reflektor di dalam pemanggang roti secara intensif panas dihasilkan oleh elemen. Elemen pemanas dikontrol dan diatur oleh tombol pengontrol suhu dan sakelar kontrol. Membukanya pintu pemanggang secara otomatis akan mematikan unit. Beberapa pemanggang roti mempunyai timer untuk mengontrol lama pemasakan; juga mempunyai motor yang memutar alat  pelengkap pemanggang roti

Perhatian: Sebelum bekerja pada pemanggang, pastikan bahwa steker pesawat tidak terhubung pada jaringan.

 

Pembersihan

Terminal daya di dalam pemanggang roti mengumpulkan lemak dan kotoran, dan ini dapat menyebabkan gangguan. Setiap tahun sekali, bongkarlah oven dan bersihkan terminal-terminalnya; lepaskan setiap terminal dan bersihkan kontak logam dengan steel wool yang baik. Perbaikilah kontak-kontak listrik pada terminal. Gunakan kain lembut yang dibasahi dengan larutan air dan detergen RT untuk membersihkan lemak dari unit.  Untuk menjaga reflektor di dalam oven cucilah; bersihkan secara baik untuk menjaga efisiensi pemanasan dan pemasakan. Bersihkan sisa-sisa pada baki logam sekali sebulan untuk menjaga pemanggang roti agar bebas dari kotoran.

Pintu

Pintupemanggang roti dapat menyebabkan permasalahan jika tidak mengunci secara baik; oven tidak akan beroperasi dengan pintu terbuka. Jika pintu tidak dapat mengunci secara pas, problem mungkin terletak pada rakitan kunci dan pegas. Jika pegas telah keluar dari lubangnya, masukkan kembali. Jika pegas sudah longgar atau hancur, gantilah dengan yang baru yang sejenis; keluarkan pegas yang lama dan masukkan yang baru pada tempatnya. Jika kunci dan pengangkat kunci terjepit atau tidak mengunci, bersihkan ia sampai tuntas; kemudian lumasilah kunci dan pengangkat kunci dengan pelumas tahan panas, yang dibuat untuk pesawat2 yang menghasilkan panas. Jika pintu sampai tidak ngunci secara baik, gantilah pengunci dengan yang baru yang sejenis. Ikatkan pada engsel pintu atau gantilah dengan yang baru. Bila perlu, gantilah pintu oven masuk dengan yang baru yang sejenis.

Pemanggang roti menggunakan dua atau lebih elemen pemanas dikontrol oleh
tombol kontrol suhu dan sakelar kedudukan. Beberapa pemanggang roti
mempunyai timer untuk pengontrolan lama waktu pemasakan

Sakelar Kontrol Kedudukan/Keadaan

Sakelar kontrol pada oven mempunyai beberapa kedudukan; jika oven tidak panas, permasalahan mungkin disebabkan oleh sakelar ini. Angkat papan kontrol dan cek terminal2 sakelar; jika kotor atau korosi, bersihkan dengan steel wool yang baik. Jika oven sampai tidak panas, sakelar mungkin rusak. Tes sakelar dengan AVO. Tempelkan probe tester pada salah satu terminal sakelar, dan set meter pada skala Rx1. Kemudian sentuh setiap terminal yang lain pada putaran probe AVO yang lain. Jika sakelar kontrol bekerja secara baik, AVO harus terbaca nol pada setiap kedudukan sakelar; jika meter terbaca lebih tinggi dari nol pada beberapa kedudukan, sakelar rusak, dan harus diganti. Gantilah sakelar yang rusak dengan sakelar baru yang sejenis. Putuskan ujung2 kawat ke sakelar lama, kembalikan beberapa sekrup pengencang sakelar ke rumah oven, dan keluarkan sakelar lama. Tempatkan sakelar baru pada unit dan sambungkan dengan cara yang sama seperti sakelar lama.

Termostat

Sebuah termostat bimetal bilah kecil, diatur oleh tombol kontrol, mengontrol kuantitas panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas oven. Jika elemen pemanas tidak panas, dan sakelar kontrol berfungsi, ceklah titik kontrol pada termostat; jika kotor atau terkorosi, bersihkan dengan kertas amplas dan kain yang lembut. Jika elemen sampai tidak panas, termostat rusak. Tes termostat dengan AVO. Keluarkan ujung2 kawat dari terminalnya dan set sakelar kontrol ke posisi tinggi; tempelkan probe tester ke terminal termostat, dan set meter pada skala Rx1. Jika meter terbaca nol, termostat kerja, jika meter terbaca lebih dari nol, termostat rusak, dan harus diganti. Gantilah termostat yang rusak dengan yang baru yang sejenis. Keluarkan sekrup pengencang termostat ke rumah oven dan bawa ke luar. Tempatkan termostat baru dan pasangkan dengan cara yang sama seperti termostat lama, pertama sekrupkan ke rumah oven dan kemudian sambungkan ke terminal.

Timer

Beberapa pemanggang roti mempunyai sebuah timer disambungkan ke termostat dan mengontrol hidup matinya elemen pemanas secara otomatis tepat pada waktunya. Jika oven bekerja terlalu panas, itu mungkin sebab timer tidak mematikannya ketika itu tidak diperhitungkan; jika oven tidak mengambil panas yang cukup, timer dapat mematikan oven secara cepat.

Timer ditempatkan pada panel kontrol; tarik (lepaskan) tombol timer dan tombol yang lain dan kontrol dan keluarkan panel kontrol untuk mendapatkannya. Cek terminal2 timer; jika terminal2 kawat hangus, kotor, atau terkorosi, lepaskan ujung2 dan bersihkan dengan kertas amplas dan kain pembersih. Kemudian gantilah ujung2 dan kencangkan semua sambungan. Jika timer sampai tidak bekerja dengan baik, kemungkinan rusak.

Keluarkan timer dan bawa ke servis profesional untuk dites; jangan mencoba mengetes sendiri. Buat diagram sambungan timer sehingga Anda dapat menyambungkannya secara benar; kemudian putuskan ujung2 kawat ke timer. Keluarkan sekrup atau munculkan kekang pegas yang memegang timer ke rumah oven, dankeluarkan timer. Jika timer rusak, gantilah dengan yang baru yang sejenis. Sambungkan timer baru dengan cara yang sama seperti  pada sambungan timer yang lama.


 

Motor

Jika pemanggang roti mempunyai alat panggang (rotisserie), dan itu tidak berputar, juga gearnya tersumbat atau motornya mati. Bersihkan beberapa sisa2 yang mungkin mengganggu gerakan gear, dan mencoba putaran setiap gear dengan tangan. Jika putaran gear sangat mudah, motor kemungkinan rusak; jika gear tidak dapat berputar atau sangat sulit untuk berputar, gear mungkin tertahan atau patah. Dalam hal ini, gear harus diganti. Pada beberapa pemanggang roti gear dan motor adalah satu rakitan; jika rakitan masuk gear rusak — gear dan  rakitan — harus diganti. Ganti gear atau rakitan dengan gear yang baru atau rakitan gear-motor yang sejenis. Keluarkan gear dengan melepas bantalan sekrup yang memegang kotak gear atau rakitan gear-motor masuk pada tempatnya; yakinkan bahwa gear menarik poros motor. Kemudian amankan sekrup yang memegang rakitan pada tempatnya.

Jika gear tidak rusak, teslah motor dengan AVO. Putuskan terminal2 motor dan jepitkan probe AVO ke ujung2 motor. Set meter pada skala Rx1. Jika meter membaca antara 40-100, motor masih berfungsi dengan baik; jika meter membaca lebih tinggi dari 100, motor rusak, dan harus diganti. Gantilah motor dengan yang baru yang sejenis. Keluarkan sekrup yang memegang motor ke bodi oven, dan keluarkan motor lama. Set motor baru di tempatnya seperti posisi motor yang lama, dan gantilah sekrup yang memegang motor ke bodi. Sambungkan ujung2 motor dengan cara yang sama seperti ujung2 kawat motor yang lama disambungkan.

TABEL PENCARIKESALAHAN PESAWAT PEMANGGANG ROTI

PERMASALAHAN

KEMUNGKINAN

 PENYEBAB

PEMECAHAN

Oven tidak panas 1. Tidak ada daya2. Kabel power rusak3. Sakelar kontrol salah set

4. Sakelar kontrol rusak

5. Termostat rusak

6. Timer rusak

1. Cek kabel power, steker, dan KK. Cek peng-aman lebur atau CB pada panel utama; perbaikirangkaian.

2. Tes kabel; jika rusak,  gantilah

3. Set sakelar kontrol secara baik

4. Tes sakelar; jika rusak, gantilah

5. Tes termostat; jika rusak, gantilah

6. Kondisi timer dites; jika rusak, gantilah.

 

Oven kurang panas 1. Sakelar kontrol salah set2. Termostat perlu diatur3. Elemen pemanas rusak

4. Timer rusak

 

1. Set sakelar kontrol dengan baik2. Atur kembali termostat pada suhu yang lebihtinggi

3. Tes elemen; jika rusak, gantilah

4. Ujilah kondisi timer; jika rusak, gantilah

 

Oven terlalu panas 1. Sakelar kontrol salah set2. Termostat perlu penga-turan

3. Timer rusak

1. Setlah sakelar kontrol dengan baik2. Atur kembali termostat pada suhu yang lebihrendah

3. Ujilah kondisi timer; jika rusak, gantilah

 

Pintu tidak dapatmenutup 1. Pegas pengunci terlepasatau hancur2. Pengunci pintu perlu

pelumasan

3. Kunci pintu atau segel

rusak

 

1. Sambung atau ganti pegas pengunci2. Lumasilah pengunci pintu.3. Ganti kunci pintu atau engsel.

 

Lampu indikator tidakmenyala 1. Terminal bola lampukotor2. Bola lampu mati

3. Elemen pemanas rusak

 

1. Bersihkan terminal bola lampu2. Ganti bola lampu3. Tes elemen; jika rusak, gantilah
Rotisserie tidakberputar 1. Terminal2 motor terlepasatau kotor2. Gear kotor

3. Gear aus atau rusak

4. Motor rusak

5. Sistem kelistrikan hu-

bungsingkat

 

1. Bersihkan dan kencangkan terminal2 motor2. Bersihkan gear3. Ganti gear

4. Tes motor; jika rusak, gantilah

5. Bawa ke servis profesional.

 

Elemen Pemanas

Elemen pemanas oven mungkin terdiri dari lilitan kawat tahanan atau sebuah elemen yang kaku; elemen dimasukkan atau disekrup masuk pada terminalnya. Jika elemen tidak panas, pertama cek hubungan dan yakinkan bahwa elemen ditempatkan secara baik atau dimasukkan; kencangkan sekrup atau colok elemen ke dalam pemegangnya. Jika sambungan baik tetapi elemen sampai tidak panas, mungkin rusak. Teslah elemen pemanas dengan AVO. Lepaskan steker atau sekrup elemen dari terminalnya; dalam beberapa pemanggang roti, Anda mungkin harus membongkar unit untuk mengerjakan ini. Tempelkan probe AVO ke elemen, dan set meter pada skala Rx1. Jika AVO terbaca dari 10-20, elemen masih siap kerja; jika terbaca lebih dari 20, elemen rusak, dan harus diganti. Gantilah elemen yang rusak dengan yang baru yang sejenis; pasangkan elemen baru dengan cara yang sama seperti pada elemen lama.

Lampu Indikator

Pemanggang roti kadang2 mempunyai sebuah lampu indikator, yang menyala jika oven hidup. Jika lampu indikator tidak menyala, lampu mungkin mati. Bongkar oven seperlunya untuk mendapatkan lampu indikator, dan ambil bola lampu. Ganti bola lampu yang telah mati dengan yang baru yang sejenis dan mempunyai data kelistrikan yang sama, untuk digunakan pada pesawat2 yang menghasilkan panas. Sambungkan bola lampu baru dengan cara yang sama seperti pada sambungan bola lampu yang lama.

Latihan/Tugas

Soal:

Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini dengan jelas !

  1. Jelaskan prinsip kerja sebuah pemanggang roti.
  2. Sebutkan bagian-bagian utama pesawat pemanggang roti. (minimal 5)
  3. Untuk keperluan membersihkan terminal dan kontak logam, yang paling tepat menggunakan apa?
  4. Bagian dari pesawat yang mana yang berfungsi untuk mengontrol panas oven sesuai yang diinginkan?
  5. Beberapa permasalahan sering terjadi pada oven. Jika permasalahannya adalah: “Oven tidak panas”, apa kemungkinan penyebab dan bagaimana mengatasinya?
  6. Bagaimana pula jika “Lampu indikator tidak menyala”, apa kemungkinan penyebab dan bagaimana mengatasinya.
Pos ini dipublikasikan di LISTRIK, MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s