BLENDER

TEORI  SINGKAT

Blender, seperti halnya mixer, adalah peralatan dapur yang sangat pokok, untuk pemotong, pencampur, pengental, dan pencair makanan. Blender terdiri dari sebuah botol (stopfles) kaca atau plastik pada bagian dasarnya sebagai rumah motor universal, dan bilah pemotong dirakit di dalam stopfles, digerakkan oleh motor pada bagian bawah. Kebanyakan blender memiliki problem pada bilah dan poros yang merupakan rakitan untuk pemotong.

Perhatian: Sebelum bekerja pada blender, pastikan bahwa pesawat belum terhubung pada jaringan.

Pembongkaran

Untuk mengerjakan blender, Anda harus membongkar rakitan pemotong dan membuka dasarnya untuk mengambil motornya. Stopfles mungkin di dalam salah satu bagian, terdapat bilah pemotong yang disegel pada bagian bawah unit. Untuk mengeluarkan segel, angkat stopfles dari dasar dan lepaskan mur kopling di bawah stopfles. Gunakan kain untuk melindungi jari2 Anda, pegang sisi2 bilah di dalam stopfles dan putar pengkopel searah jarum jam (cw) untuk melepaskannya; kemudian angkat bilah. Jika bagian2 belum dapat bergerak, putar pengkopel berlawanan arah jarum jam (ccw) untuk melepaskannya; beberapa pengkopel dapat dilepas dengan cara ini. Hingga Anda yakin pengkopel menggunakan cara memutar yang mana untuk mengeluarkannya, jangan gunakan kekerasan sedikitpun; Anda akan memecahkannya.

Untuk mendapatkan motor, lepaskan pengkopel pada bagian atas dasar (rumah). Jika poros motor sulit diputar, gunakan obeng untuk memegang poros dan menjaganya dari putaran; putar pengkopel cw untuk mengeluarkannya. Pada beberapa unit, pengkopel berputar ccw untuk membukanya. Jika kopling terdiri dari kancing logam yang dipasang pada bagian bawah stopfles, masukkan paku melalui lobang ventilasi pada bagian rumah/bodi landasan, dan lawanlah bilah-bilah pada kipas dengan paku untuk menjaga poros dari putaran. Kemudian lepas kancing dengan kunci Inggris dengan memutar cw atau ccw.

Pembersihan

Kipas angin dan bilah pemotong yang dirakit pada blender harus dibersihkan secara periodik untuk menjaga efisiensi kerja blender. Untuk membersihkan bilah2, lepaskan kopling dari stopfles, dan keluarkan bilah-bilah, poros, gelang-tutup (ring), rumah bantalan, dan mur yang menyusun rakitan pemotong. Susunlah bagian-bagian ini seperti ketika Anda membongkar blender, dan buatlah diagram seperti yang Anda kerjakan sehingga Anda dapat merakit kembali pemotong ini dengan benar. Bersihkan bagian-bagian ini di dalam larutan air dan sedikit detergen RT, dan keringkan sepenuhnya. Ujilah bilah pemotong dan bantalannya dengan hati-hati, bagian inilah yang pokok dan sering rusak. Jika bagian ini terlihat rusak, gantilah dengan yang  baru.

Kotoran pada sudu kipas dapat menyebabkan gangguan. Untuk mengatasi masalah ini, keluarkan bagian  bawah ‘base’ atau plat sakelar; gunakan larutan air dan sedikit detergen RT untuk membersihkan sudu2nya. Bersihkan sebanyak pada motor sehingga Anda dapat menjangkaunya, dan juga bersihkan bodinya. Keluarkan kopling untuk mencapai bagian atas ‘base’ untuk membersihkan bagian-bagian yang tersisa pada motor. Berhati-hatilah jangan mengambil beberapa kawat yang basah. Setelah pembersihan, sapulah bagian-bagian itu hingga kering. Biarkan blender hingga kering betul sebelum merakitnya kembali.

Operasi Gangguan

Jika blender banyak terganggu, permasalahan kebanyakan pada kopling atau kipas. Kopling atas adalah bagian bawah dari rakitan poros pemotong; kopling bawah adalah bagian atas ‘base’ dimanastopfles dipasangkan ke motor. Jika kopling yang lain kelihatan aus, gantilah dengan yang baru yang sejenis; pasangkan kopling yang baru seperti pada pasangan kopling yang lama.

Gangguan yang luar biasa atau sangat menyolok biasanya disebabkan oleh sudu kipas yang bengkok atau hancur. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, bukalah ‘base’ pada unit dan bersihkan dan  periksalah sudu-sudu kipas. Jika sudu-sudu agak bengkok, luruskanlah dengan tang; jika Anda tidak dapat meluruskannya, gantilah rakitan sudu-sudu kipas. Untuk mengeluarkan rakitan sudu-sudu kipas, lepaskan mur penguat yang memegangnya pada poros motor; atau, jika rakitan sudu adalah sangat bergeser, tariklah keluar. Gantilah rakitan sudu-sudu dengan yang baru yang sejenis; pasangkan rakitan baru dengan cara yang sama seperti  pada rakitan  yang lama.

Gangguan dapat juga disebabkan oleh hilangnya atau hancurnya bilah-bilah pemotong. Ujilah rakitan sudu-sudu. Jika sudu-sudu kendor, kencangkan; jika sudu-sudu hancur, keluarkan, seperti detail di atas, dan gantilah dengan sudu-sudu yang baru yang sejenis.

Kebocoran

Kebocoran biasanya disebabkan oleh kerusakan pada stopfles atau segel untuk tekanan pada bagian bawah stopfles blender. Jika stopfles rusak, gantilah dengan yang baru yang sejenis. Stopfles blender plastik kadang-kadang dapat berkembang  yang dapat menyebabkan kebocoran; seperti rapat untuk jenis keretakan kecil. Jika keretakan adalah sumber kebocoran, gantilah stopfles.

Jika ada retak yang tidak terlihat pada stopfles, permasalahan ini dapat dimungkinkan pada segel tekanan. Angkat rakitan pemotong, seperti detail di atas, dan ujilah segel. Jika segel aus, pecah, atau keras, gantilah dengan yang baru yang sejenis.

Kebocoran melingkar pada penutup stopfles blender biasanya disebabkan oleh gasket penutup sudah aus. Jika ini permasalahannya, terbaik adalah dengan  mengganti penutupnya, belilah penutup baru yang sejenis.

Sakelar

Motor dikontrol oleh sakelar dengan banyak posisi, dalam base dari unit. Jika blender mempunyai sakelar ganda dan/atau tombol tekan, atau sakelar yang dikontrol oleh penyearah pada setiap posisi kecepatan, jangan mencoba untuk menanganinya sendiri, bawalah pesawat ke servis profesional.

Sakelar kecepatan tunggal dapat diganti jika tidak berfungsi. Jika blender tidak dapat berputar, dan ia telah menerima daya, sakelar mungkin rusak. Buka base unit pada bagian atas atau bawah atau plat sakelar, seperti di atas, dan teslah sakelar dengan AVO, setlah pada skala Rx1; meter akan menunjuk nol. Jika sakelar rusak, gantilah dengan  yang baru yang sejenis. Lepaskan sekrup penguat untuk mengambil sakelar yang lama dari tempatnya; setlah sakelar baru  dengan posisi yang sama, hubungkan dengan cara yang sama seperti pada sambungan sakelar yang lama, dan gantilah sekrup.

Timer

Beberapa blender memiliki sebuah timer, dengan pengontrol timer yang ditempatkan pada panel kontrol. Jika timer tidak bekerja, gantilah dengan yang baru yang sejenis, jangan mencoba untuk memperbaikinya. Timer berada disamping tombol kontrol timer; untuk mencapainya, keluarkan tombol. Jika tombol menatap pada poros timer, tariklah hingga keluar; jika dipegang di suatu tempat oleh sepasang sekrup, keluarkan sekrup untuk mengambil tombol. Kemudian keluarkan plat penutup yang menutupinya. Jika ada banyak kawat sambungan ke timer, dan itu digunakan untuk mengontrol beberapa setting, jangan mencoba mengganti timer sendiri; bawalah ke servis profesional. Jika timer adalah unit yang sederhana, bagaimanapun, Anda harus menggantinya. Keluarkan dari tempatnya, dan tandailah sambungan kabel sehingga Anda dapat menggantinya dengan baik pada timer yang baru. Set timer baru pada tempatnya, sambugkan kabel, dan lekatkan timer pada tempatnya dengan cara yang sama seperti pada sambungan timer yang lama.

Motor

Jika sakelar telah diganti dan motor belum juga berputar, atau jika berputar tapi tidak menentu, timbul gangguan, berbau, atau timbul percikan, sikat arang motor dimungkinkan aus. Gantilah dengan sikat arang baru yang sejenis. Jika motor hingga tidak berputar, atau jika ada beberapa permasalahan motor yang serius, seperti halnya lepasnya lilitan armatur atau hubungsingkat, bawalah blender ke servis profesional.

TROUBLE SHOOTING

PERMASALAHAN

KEMUNGKINAN

 PENYEBAB

PEMECAHAN

Blender tidak berputar 1. Tidak ada daya2. Kesalahan sakelar

3. Sikat arang aus

4. Sistem kelistrikan hu-

bungsingkat

5. Kerusakan motor

1. Cek kabel power, steker, dan KK. Cek peng-aman lebur atau CB pada panel utama; perbaiki

rangkaian.

2. Ganti sakelar; atau bawa ke servis profesional

3. Cek sikat; jika aus, gantilah

4. Bawalah ke servis profesional

5. Bawalah ke servis profesional

Blender bertegangan, bergetar 1. Kabel power rusak2. Sistem kelistrikan  hu-

bung singkat

1. Tes kabel ; jika rusak gantilah2. Bawalah ke servis profesional
Motor timbul bunga api 1. Sikat arang aus2. Motor rusak 1. Cek sikat; jika aus, gantilah2. Bawalah ke servis profesional.
Motor berputar lambat 1. Stopfles blender terlalubanyak beban

2. Sikat arang aus

1. Kurangi beban, atau tambah sedikit cairan kedalam stopfles

2. Cek sikat; jika aus, gantilah

.

Motor berputar, tetapi bilah tidak berputar 1. Stopfles tidak ditempat-kan secara baik

2. Kopling aus atau kotor

3. Rakitan pemotong kotor

4. Bilah pemotong bengkok

atau aus

1. Dudukkan stopfles sehingga kopling pada stop-fles tepat dengan kopling pada base

2. Cek pengkopel; jika kotor atau aus, gantilah

3. Bersihkan rakitan pemotong

4. Gantilah bilah pemotong

Gangguan kerja (operasi) 1. Bilah pemotong terha-langi

2. Bilah pemotong bengkok

atau aus

3. Sudu kipas bengkok

4. Kopling aus

5. Motor rusak

1. Angkat penghalang dari pemotong2. Cek pengkopel; jika kotor atau aus, gantilah

3. Luruskan sudu, atau gantilah rakitan sudu kipas

4. Cek kopel atas dan bawah, jika aus gantilah

5. Bawa ke servis profesional.

Soal:

Jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini dengan jelas !

  1. Sebutkan bagian-bagian utama dari pesawat blender! (minimal 5)
  2. Dimanakah kebanyakan blender mengalami permasalahan?
  3. Motor dari jenis apakah yang dipakai oleh pesawat blender?
  4. Jika pesawat mengalami permasalahan “motor berputar lambat”, apa kemungkinan penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?
  5. Bagaimana pula halnya jika permasalahan itu “motor berputar, tetapi bilah pemotong tidak berputar”, apa kemungkinan penyebab, dan bagaimana pula mengatasinya?
Pos ini dipublikasikan di LISTRIK, MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRIK. Tandai permalink.

Satu Balasan ke BLENDER

  1. Kristi Yanto berkata:

    hadir pakkk ……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s